Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri Pontianak
Mata pelajaran :
Biologi
Kelas / Semester :
X / II (Dua)
Pertemuan Ke :
I (Pertama)
Alokasi waktu :
15
menit
Standar
Kompetensi : Menganalisis hubungan antara komponen
ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan
ekosistem.
Kompentensi Dasar : Mengkaitkan hubungan kegiatan manusia dengan
masalah perusakan dan pemeliharaan lingkungan.
Indikator : Mengidentifikasi contoh-contoh pencemaran
lingkungan
akibat ulah manusia.
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian pencemaran.
2. Melalui kegiatan praktikum, siswa dapat menentukan
jenis polutan (zat pencemar) yang menyebabkan pencemaran air
A. Materi ajar : Pencemaran lingkungan
B. Strategi Pembelajaran
- Pendekatan : Kontekstual
- Metode :
Ceramah dan Eksperimen
- Model Peml : Model DI
C. Langkah-Langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan (3 menit)
Fase 1: Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ü Guru megucap salam dan menanyakan siapa
yang tidak hadir
ü Guru menunjukkan kepada siswa 2 jenis air
yang berbeda warnanya ( jernih
dan air yang sudah tercemar /limbah
sabun)
ü Guru bertanya kepada siswa : Apa perbedaan dari kedua air tersebut ? siswa
diarahkan
untuk menjawab salah satu jenis air telah tercemar.
ü Menyampaikan judul materi pembelajaran
”pencemaran lingkungan”
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti (10 menit)
Fase 2: Mendemontrasikan pengetahuan atau keterampilan
Eksplorasi:
ü Siswa diminta untuk memperhatikan gambar
tentang pencemaran air, tanah dan udara melalui pawer point.
ü Siswa diminta untuk mendiskusikan, apa
yang dimaksud dengan pencemaran, berdasarkan gambar yang diamatinya.
ü Guru menjelaskan pengertian dari pencemaran
dan jenis – jenis pencemaran melalui pawer point
Fase 3: Membimbing pelatihan
Elaborasi:
ü Guru membagi siswa ke dalam 3 kelompok,
masing – masing kelompok diberi wadah yang berisi air, ikan, larutan detergen,
minyak tanah, pestisida, dan Lembar Pengamatan Siswa.
ü Setiap kelompok diminta untuk memasukkan
50 tetes larutan tadi ke dalam air yang berisi ikan. Kemudian siswa diminta
untuk mengamati apa yang terjadi pada ikan dan mencatat hasilnya.
ü Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk maju dan mempresentasikan hasil pengamatannya.
Fase 4: Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Konfirmasi
ü Siswa melakukan tanya jawab pada kelompok
yang lain, dan memberikan tanggapan
ü Guru memberikan penjelasan pada konsep
yang masih belum dipahami.
c. Kegiatan Penutup (2 menit)
ü Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
dari materi yang telah dibahas
Fase 5: memberi kesempatan pelatihan lanjutan
ü Guru memberikan evaluasi.
ü Guru memberikan tindak lanjut (tugas PR).
D. Alat / Bahan dan Sumber belajar
a. Sumber belajar
- Buku Penuntun BIOLOGI SMA
untuk kelas X, ERLANGGA
b. Alat dan Bahan belajar
Alat : - Spidol
- White board
- LCD
Bahan Ajar : - Gambar pencemaran air, tanah dan udara
Bahan untuk eksperimen :
-
Ikan
kecil
-
Larutan
detergen
-
Minyak
tanah
-
Pesticida
E. Penilaian.
a. Teknik Penilaian
- Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen
- Essay
c. Contoh Instrumen
1. Jelaskan pengertian pencemaran ?
2. Sebutkan zat – zat yang menyebabkan
pencemaran air, berdasarkan hasil pengamatan yang kalian lakukan !
d. Rubrik Penskoran
No. Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Pencemaran adalah masuknya atau dimasukkannya
makhluk hidup, zat, energi dan komponen lain dalam lingkungan dan berubahnya
tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga
kualitas lingkungan turun.
|
1
|
2.
|
Minyak tanah, detergen dan pestisida
|
3
|
Tugas :
Siswa diminta untuk mencari artikel (dari internet
atau surat kabar / majalah) tentang dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan
manusia !!!
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
”PENCEMARAN
AIR”
Kelompok :
Nama Anggota :
- ......................................................
- ......................................................
- ......................................................
Tujuan :
- Untuk mengetahui jenis zat kimia yang mengakibatkan pencemaran air.
- Melihat pengaruh pemberian bahan kimia dengan dosis yang berbeda pada pergerakan operculum (celah insang) ikan.
Alat
1.
Pipet tetes
Bahan :
1. Bahan kimia (detergen, pestisida
atau minyak tanah)
2. Ikan gabus
Cara Kerja
1. Masukkan 10 tetes bahan kimia ke dalam
gelas aqua yang berisi ikan
2. Perhatikan pergerakan operkulum dan mulut
ikan tersebut !
3. Tambahkan terus bahan kimia hingga
mencapai 50 tetes. Setiap penambahan 10 tetes, perhatikan pergerakan operkulum
dan mulut ikan !
4. Tuliskan hasil pengamatan pada tabel di
bawah ini !
5. Simpulkan kegiatan praktikum ini
berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan!
Tabel Pengamatan
Bahan Kimia yang di berikan
|
Dosis yang diberikan
|
Reaksi (pergerakan operculum)
|
Larutan detergen
|
10
20
30
40
50
|
Operkulum dan mulut ikan masih bergerak normal
Operkulum dan mulut ikan bergerak lebih cepat
Operkulum dan mulut ikan bergerak semakin cepat
Pergeraikan operkulum dan mulut ikan terlihat mulai melemah
Ikan mati
|
Kesimpulan :
Larutan
detergen merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan pencemaran air, hal ini
dapat terlihat dari hasil pengamatan dimana ikan yang ditetesi larutan detergen
pada tetesan ke 30 operkulum dan mulut ikan bergerak semakin cepat kemudian
pada tetesan berikutnya pergerakan operkulum dan mulutnya mulai melemah sampai
akhirnya ikan mat
URAIAN MATERI
PENCEMARAN LINGKUNGAN
Ø Polusi atau pencemaran lingkungan adalah
masuknya atau dimasukkannya makhluk hidupatau komponen lain ke dalam
lingkungan, sehingga mengakibatkan atau lingkungan menjadi kurang atau tidak
dapat berfungsi lagi.
Ø Zat atau bahan yang dapat menyebabkan
pencemaran disebut polutan.
Ø Suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan
apabila :
v Jumlahnya melebihi jumlah normal
v Berada pada waktu yang tidak tepat
v Berada pada tempat yang tidak tepat
Ø Macam – macam Pencemaran
Pencemaran
Udara, Contohnya pencemaran yang disebabkan oleh gas CO, CO2 (yang bersifat racun merupakan hasil
pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin bakar)
Pencemaran
Air, yang dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemar seperti pembuangan
limbah industri, sisa insektisida, dan pembuangan sampah domestik, misalnya
sisa detergen yang mencemari air, yang menyebabkan O2 di air berkurang sehingga mengganggu
aktivitas kehidupan organisme air.
Pencemaran
Tanah, dapat disebabkan oleh sampah-sampah plastik yang sukar hancur, botol,
karet sintetis, pecahan kaca, zat kimia dan buangan pertanian misalnya
insektisida, dan detergen yang sulit
diuraikan
Ø Macam-macam Pencemaran menurut Bahan Pencemar
o
Bahan pencemar kimiawi, berupa
zat radio aktif, logam (Hg, Pb, Ni), pupuk anorganik, pestisida, detergen dan
minyak
o
Bahan pencemar biologi, berupa
mikroorganisme misalnya Escherichia coli, Salmonella thyposa.
o
Bahan
pencemar fisik berupa kaleng-kaleng, botol plastik dan karet.
0 komentar:
Posting Komentar