RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan :
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/semester : XI / I (pertama)
Materi Pelajaran : Sistem Peredaran Darah
Alokasi Waktu : 90 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
Mengahayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, dan damai), santun, responsif, dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin hunya tentang ilmu pengetahuan,
taknologi,seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan ,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian ,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengemabngan diri yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
B. Kompetensi dasar :
1.1
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati
bioproses.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta,
disiplin, tanggung jawab dan peduli dalam observasi dan eksperimen berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan
beragumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap
tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan didalam kelas/
laboratorium maupun diluar kelas/laboratorium.
3.1 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat
menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi.
C. Tujuan
Pembelajaran :
a. Siswa dapat membuat skema
peredaran darah dalam tubuh manusia melalui pengamatan charta peredaran darah
dengan benar
b. Siswa dapat mengukur tekanan darah menggunakan Sphygmomanometer
melalui percobaan didalam kelas.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Peredaran darah pada manusia
Sistem
peredaran darah manusia ada dua yaitu system peredaran darah besar dan system
peredaran darah kecil.
1. Sistem Peredaran Darah
Besar (Sistemik)
Peredaran darah besar
dimulai dari darah keluar dari jantung melalui aorta menuju ke seluruh tubuh
(organ bagian atas dan organ bagian bawah). Melalui arteri darah yang kaya akan
oksigen menuju ke sistem-sistem organ, maka disebut sebagai sistem peredaran
sistemik. Dari sistem organ vena membawa darah kotor menuju ke jantung. Vena
yang berasal dari sistem organ di atas jantung akan masuk ke bilik kanan
melalui vena cava inferior, sementara vena yang berasal dari sistem organ di
bawah jantung dibawa oleh vena cava posterior.
Darah kotor dari bilik
kanan akan dialirkan ke serambi kanan, selanjutnya akan dipompa ke paru-paru
melalui arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis merupakan satu keunikan dalam
sistem peredaran darah manusia karena merupakan satu-satunya arteri yang
membawa darah kotor (darah yang mengandung CO2).
Urutan perjalanan peredaran darah besar : bilik
kiri – aorta – pembuluh nadi – pembuluh kapiler – vena cava superior dan
vena cava inferior – serambi kanan.
|
2.
Sistem Peredaran Darah Kecil (Pulmonal)
Peredaran darah kecil dimulai
dari darah kotor yang dibawa arteri pulmonalis dari serambi kanan menuju ke
paru-paru. Dalam paru-paru tepatnya pada alveolus terjadi pertukaran gas antara
O2 dan CO2. Gas O2 masuk melalui
sistem respirasi dan CO2 akan dibuang ke luar tubuh. O2 yang
masuk akan diikat oleh darah (dalam bentuk HbO) terjadi di dalam alveolus.
Selanjutnya darah bersih ini akan keluar dari paru-paru melalui vena pulmonalis
menuju ke jantung (bagian bilik kiri). Vena pulmonalis merupakan keunikan yang
kedua dalam system peredaran darah manusia, karena merupakan satu-satunya vena
yang membawa darah bersih.
Urutan perjalanan peredaran darah kecil : bilik
kanan – arteri pulmonalis – paru-paru – vena pulmonalis – serambi kiri
|
2.
Denyut
jantung dan tekanan darah
Otot jantung
mempunyai kemampuan untuk berdenyut sendiri secara terus menerus. Suatu sistem
integrasi di dalam jantung memulai denyutan dan merangsang ruang-ruang di dalam
jantung secara berurutan.
Kecepatan
denyut jantung dalam keadaan sehat berbeda-beda, dipengaruhi oleh pekerjaan,
makanan, umur dan emosi. Irama dan denyut jantung sesuai dengan siklus jantung.
Jika jumlah denyut ada 70 maka berarti siklus jantung 70 kali semenit.
Kecepatan normal denyut nadi pada waktu bayi sekitar 140 kali permenit, denyut
jantung ini makin menurun dengan bertambahnya umur, pada orang dewasa jumlah
denyut jantung sekitar 60 - 80 per menit.Tekanan darah normal yaitu 120/80.
sistol
atau tekanan sitolik adalah tekanan darah pada saat ventrikel berkontraksi
memompakan darah ke seluruh tubuh. diastol atau tekanan diastolik adalah
tekanan darah pada saat ventrikel berelaksasi.
E. Strategi
Pembelajaran :
a.
Pendekatan : Saintifik
b.
Metode : Diskusi, tanya Jawab dan praktikum
c.
Model : Kooperatif
F.
Sumber Belajar/Bahan Ajar :
a. Alat / Bahan
a)
Charta mekanisme
peredaran darah
b)
Tensi meter/Sphygmomanometer
b.
Sumber Belajar
a)
LKS peredaran darah
b)
Irnaningtyas
.2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas XI
Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga.
D.
Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan(20 menit)
a.
Siswa menjawab salam
yang diberikan guru
b.
Guru mengabsen siswa
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
c.
Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan berdoa bersama
d.
Siswa menjawab pertanyaan guru ““ coba kalian letakkan tangan kalian di dada, apa
yang kalian rasakan? siswa menjawab “ada
detakkan jantung”.
e.
Siswa
menjawab kembali pertanyaan guru “detakan tersebut menunjukkan jantung
melakukan apa?” siswa menjawab “memompa darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh”
f.
Siswa
menjawab kembali pertanyaan guru “memompa
darah keseluruh tubuh itu termasuk dalam proses apa?. Siswa menjawab “Peredaran
darah”
g.
Siswa mendengarkan
guru menyampaikan judul dan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
Fase 2. Menyajikan informasi
a.
Siswa memperhatikan
gambar bagian jantung dan menjawab pertanyaan guru tentang struktur jantung
b.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang sistem
peredaran darah besar dan kecil.
c.
Siswa menjawab
pertanyaan guru mengenai faktor apa saja yang dapat mempengaruhi denyut
jantung/tekanan jantung.
Menanya
d.
Siswa menanyakan yang
tidak dimengertinya tentang sistem peredaran darah
Melakukan eksperimen
e.
Siswa mendengar penjelasan bahwa mereka akan melakukan diskusi tentang
mekanisme peredaran darah dan praktikum tekanan darah
f.
Siswa memdengar
penjelasan mengenai alat untuk mengukur tekanan darah yaitu Sphygmomanometer/tensi
meteri
Fase 3. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar
g.
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok belajar.
h.
Guru membagikan lembar
kerja mekanisme peredaran darah dan praktikum sederhana tentang tekanan darah
kepada masing-masing kelompok.
i.
Siswa mendiskusikan
mekanisme peredaran darah besar dan kecil melalui charta yang telah ditampilkan
oleh guru.
j.
Perwakilan siswa dari
masing-masing kelompok mengukur tekanan darah menggunakan Sphygmomanometer/tensi
meter
Mengasosiasi
k.
Siswa menggali informasi dan melakukan analisis
untuk menjelaskan dan menarik kesimpulan mengenai peredaran darah besar dan peredaran darah kecil serta menganalisis hasil
percobaaan.
Fase 4.
Membimbing kelompok belajar dan bekerja
l.
Guru membimbing/menilai
kemampuan siswa dalam mengolah hasil diskusi dan merumuskan kesimpulan yang
dituliskan pada LKS.
Mengkomunikasikan
m. Guru meminta perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan
membuat kesimpulan mengenai hasil diskusinya
n. Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan santun.
o. Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi secara lisan.
3.
Penutup
a.
Siswa membuat
kesimpulan bersama guru tentang sistem peredaran darah.
Fase 5 Evaluasi
b.
Siswa mengerjakan soal
postes
c.
Siswa mencatat tugas
yang diberikan guru tentang kelainan dan gangguan proses peredaran darah
d.
Guru menutup pelajaran
G. Penilaian
1.
Jenis
/ Teknik Penilaian
a.
Keaktifan
siswa
b.
Observasi sikap
c.
Tes Tertulis
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen penilaian sikap
b.
Instrumen penilaian diskusi
c.
Instrumen tes menggunakan tes
tertulis terurai
Contoh instrumen (Terlampir
__________, 27 September 2014
Mengetahui
Kepala
_____________ Guru
Mata Pelajaran,
______________________ ______________________
NIP. NIP.
Lampiran 1
INSTRUMEN PENILAIAN KEAKTIFAN SISWA
Tanggal : ........................................................
Jumlah siswa : ........................orang
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menjawab Pertanyaan
|
Bertanya
|
Jumlah score
|
Nilai
|
1
|
Ambarwati
|
|
|
|
|
|
2
|
Azmi Anas
|
|
|
|
|
|
3
|
Dedy Fitriady
|
|
|
|
|
|
4
|
Della Yunanda
|
|
|
|
|
|
5
|
Dewi Sartika
|
|
|
|
|
|
6
|
Eka Fitria Rizki
|
|
|
|
|
|
7
|
Eka Nur Pitriani
|
|
|
|
|
|
8
|
Fitri Khairunnisa
|
|
|
|
|
|
9
|
Hilda Mauliyani
|
|
|
|
|
|
10
|
Julianus Sujoko
|
|
|
|
|
|
11
|
Luqman Hakim
|
|
|
|
|
|
12
|
Marco Irawan
|
|
|
|
|
|
13
|
Marisah
|
|
|
|
|
|
14
|
Muhamad Regy
|
|
|
|
|
|
15
|
M. Fikih
Hidayatullah
|
|
|
|
|
|
16
|
Niki Fitriani
|
|
|
|
|
|
17
|
Novi Ratna R.
|
|
|
|
|
|
18
|
Puja Septiani
|
|
|
|
|
|
19
|
Puspa Mulia Sari
|
|
|
|
|
|
20
|
Ragil Suci Indah L.
|
|
|
|
|
|
21
|
Reni Yawati
|
|
|
|
|
|
22
|
Ricky
|
|
|
|
|
|
23
|
Riky Suhendra
|
|
|
|
|
|
24
|
Riskia Rahayu
|
|
|
|
|
|
25
|
Rosalia Iin Febrianti
|
|
|
|
|
|
26
|
Silvina Romdhon
|
|
|
|
|
|
27
|
Siti Jubaidah
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Lufiah Aliah
|
|
|
|
|
|
29
|
Sri Maulani Utami
|
|
|
|
|
|
30
|
Sri Mulyani
|
|
|
|
|
|
31
|
Syarifah Agustina
|
|
|
|
|
|
32
|
Syf. Bella
|
|
|
|
|
|
33
|
U. M. Febryan G.
|
|
|
|
|
|
34
|
Risma Natasya A.
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor menggunakan * jika siswa memberikan satu pertanyaan/menjawab
pertanyaan/ bertanya.
Satu( *) = skor 2
Lampiran
2 :
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Materi :
Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan
Kelas/semester : XI / Ganjil
Hari / tanggal :
No
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerja sama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1
|
Ambarwati
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Azmi Anas
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Dedy Fitriady
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Della Yunanda
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dewi Sartika
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Eka Fitria Rizki
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Eka Nur Pitriani
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fitri Khairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Hilda Mauliyani
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Julianus Sujoko
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Luqman Hakim
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Marco Irawan
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Marisah
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Muhamad Regy
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
M. Fikih
Hidayatullah
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Niki Fitriani
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Novi Ratna
Ramadhani
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Puja Septiani
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Puspa Mulia Sari
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Ragil Suci Indah
Lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Reni Yawati
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Ricky
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Riky Suhendra
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Riskia Rahayu
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Rosalia Iin Febrianti
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Silvina Romdhon
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Siti Jubaidah
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
Siti Lufiah Aliah
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Sri Maulani Utami
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Sri Mulyani
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Syarifah Agustina
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Syf. Bella
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
U. M. Febryan G.
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
Risma Natasya A.
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan
:
·
1 = jika peserta didik sangat
kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
2 = jika peserta didik kurang
konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
·
3 = jika peserta didik mulai
konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
4 = jika peserta didik
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
5 = jika peserta didik selalu
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
FORMAT
PENILAIAN
Nilai =
x 100
Lampiran
3 :
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DISKUSI
Hasil Penilaian
Diskusi
Topik :
.........................................................
Tanggal :
........................................................
Jumlah siswa :
........................orang
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan argumentasi
|
Jumlah score
|
Nilai
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik :
·
Menyampaikan pendapat
1.
Tidak sesuai masalah
2.
Sesuai dengan masalah, tapi
belum benar
3.
Sesuai dengan masalah dan benar
4.
Dengan masalah dan benar serta
didukung dengan referensi
·
Menanggapi pendapat
1.
Langsung setuju atau menyanggah
tanpa alasan
2.
Setuju atau menyanggah dengan
alasan yang benar tidak sempurna
3.
Setuju atau menyanggah dengan
alasan benar
4.
Setuju atau menyanggah dengan
alasan yang benar dengan didukung referensi
·
Mempertahankan pendapat
1.
Tidak dapat mempertahankan
pendapat
2.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan kurang benar
3.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan benar tidak didukung referensi
4.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan benar didukung referens
INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF/POST-TEST
Kisi-kisi pembuatan soal
KI
|
KD
|
TUJUAN
|
NO
SOAL
|
JENJANG
|
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menganalisis hubungan antara struktur
jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan
bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta
gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui
studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi..
|
Siswa dapat menggambarkan
skema peredaran darah dalam tubuh manusia melalui pengamatan charta peredaran
darah dengan benar
|
1
|
C2
(Pemahaman)
|
Siswa dapat mengukur tekanan darah
menggunakan Sphygmomanometer melalui demonstrasi guru dengan tepat.
|
2
|
C2
(Pemahaman)
|
Soal Postes
1. Buatlah skema sistem peredaran darah besar dan
kecil?
2. Apa yang dimaksud dengan sistol dan diastol dan
berapa angka normal tekanan darah?
Rubrik penskoran
NO SOAL
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
1
|
Mmbuat skema dengar
benar
peredaran darah besar :
bilik kiri – aorta – pembuluh nadi – pembuluh kapiler – vena cava superior
dan vena cava inferior – serambi kanan.
peredaran darah kecil :
bilik kanan jantung – arteri pulmonalis – paru-paru – vena pulmonalis –
serambi kiri jantung.
|
Mmbuat skema namun satu urutan yang terbalik
peredaran darah besar :
bilik kiri – aorta– pembuluh
kapiler – pembuluh nadi – vena cava superior dan vena cava inferior – serambi
kanan.
peredaran darah kecil :
bilik kanan jantung – arteri pulmonalis – paru-paru – vena pulmonalis –
serambi kiri jantung.
|
Membuat satu skema peredaran darah baik besar
maupun kecil
peredaran darah besar :
bilik kiri – aorta – pembuluh nadi – pembuluh kapiler – vena cava superior
dan vena cava inferior – serambi kanan.
|
Mmbuat skema namun
keduanya salah
peredaran
darah besar : bilik kiri –
aorta– pembuluh kapiler – pembuluh nadi – vena cava superior dan vena cava
inferior – serambi kanan.
peredaran
darah kecil : bilik kanan jantung – vena pulmonalis –
paru-paru – arteri pulmonalis- serambi kiri jantung.
|
2
|
-.
|
Menjawab sistol, diastol dan tekanan darah normal
dengan tepat
sistol atau
tekanan sitolik adalah tekanan darah pada saat ventrikel berkontraksi
memompakan darah ke seluruh tubuh.
diastol atau tekanan diastolik adalah tekanan darah pada saat ventrikel berelaksasi
Tekanan darah normal adalah 120/80
|
Menjawab sistol, dan diastol dengan tepat
sistol atau
tekanan sitolik adalah tekanan darah pada saat ventrikel berkontraksi
memompakan darah ke seluruh tubuh.
diastol atau tekanan diastolik adalah tekanan darah pada saat ventrikel berelaksasi |
Hanya menjawab sistol dengan tepat
sistol atau
tekanan sitolik adalah tekanan darah pada saat ventrikel berkontraksi
memompakan darah ke seluruh tubuh.
|
0 komentar:
Posting Komentar