KISI-KISI
SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas / Semester :
X/ Ganjil
Standar Kompetensi :
1 Memahami
hakikat Biologi sebagai ilmu.
2.
Memahami prinsip-prinsip
pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi
Dasar
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Indikator Soal
|
Penilaian
|
|||
Aspek
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|||
1.1 Mengidentifikasi
ruang lingkup
Biologi
|
Siswa
dapat menjelaskan sikap dan perilaku ilmiah atau sikap ilmiah seorang saintis
|
Menjelaskan
sikap dan perilaku ilmiah atau sikap ilmiah seorang saintis
|
C2
|
PG
|
3
|
B
|
C2
|
PG
|
4
|
C
|
|||
Siswa
dapat menganalisis cabang biologi beserta manfaatnya bagi manusia dan
lingkungannya
|
Menganalisis
cabang-cabang biologi beserta manfaatnya bagi manusia
|
C2
|
PG
|
1
|
E
|
|
C2
|
PG
|
2
|
E
|
|||
Siswa dapat
mengidentifikasi ruang lingkup biologi berdasarkan objek dan permasalahannya
pada tingkat organisasi kehidupan
|
Mengidentifikasi
tingkat organisasi kehidupan berdasarkan objek dan permasalahan biologi
|
C2
|
PG
|
5
|
B
|
|
C2
|
PG
|
6
|
C
|
|||
C2
|
PG
|
7
|
A
|
|||
C2
|
PG
|
9
|
C
|
|||
Siswa dapat memberikan
contoh manfaat mempelajari Biologi.
|
Menyebutkan
manfaat mempelajari biologi
|
C1
|
PG
|
8
|
A
|
|
2.1.Mendeskripsikan
ciri-ciri replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
|
Siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri virus berdasarkan kajian pustaka atau teori
|
Menjelaskan
ciri-ciri virus
|
C2
|
PG
|
10
|
B
|
C2
|
PG
|
11
|
C
|
|||
C2
|
PG
|
12
|
D
|
|||
C2
|
PG
|
15
|
A
|
|||
C2
|
PG
|
16
|
C
|
|||
C2
|
PG
|
28
|
D
|
|||
C2
|
PG
|
30
|
E
|
|||
Siswa
dapat membandingkan siklus litik dan lisogenik pada reproduksi virus
|
Membandingkan
siklus lisis dan lisogenik pada reproduksi virus
|
C2
|
PG
|
13
|
A
|
|
C2
|
PG
|
14
|
C
|
|||
C2
|
PG
|
17
|
B
|
|||
C2
|
PG
|
18
|
B
|
|||
C2
|
PG
|
19
|
E
|
|||
C2
|
PG
|
20
|
E
|
|||
C2
|
PG
|
21
|
B
|
|||
C2
|
PG
|
22
|
B
|
|||
C2
|
PG
|
23
|
D
|
|||
Siswa
dapat menjelaskan peranan virus dalam kehidupan
|
Menjelaskan
peranan menguntungkan dalam rekayasa genetika
|
C2
|
PG
|
25
|
A
|
|
Menjelaskan
peranan merugikan dalam kehidupan
|
C2
|
PG
|
24
|
A
|
||
C2
|
PG
|
26
|
C
|
|||
C2
|
PG
|
27
|
A
|
|||
C2
|
PG
|
29
|
A
|
SOAL
ULANGAN TENGAH SEME
STER KELAS X
“BIOLOGI”
1.
Berikut ini merupakan ilmu yang
mempelajari tentang burung disebut....
a.
sitologi
b.
zoologi
c.
limnologi
d.
herpetologi
e.
ornithologi
2.
Berikut ini merupakan ilmu yang
mempelajari tentang jamur disebut....
a.
patologi
b.
paleontologi
c.
virologi
d.
mikologi
e.
bakteriologi
3.
Berbagai keterangan mengenai sel akan
mendukung pengetahuan tentang jaringan sedangkan jaringan akan mendukung
pengetahuan tentang organ. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu biologi memiliki
sifat....
a.
universal
b.
sistematis
c.
verifikasi
d.
analisis
e.
objektif
4.
Syarat biologi apat dikatakan sebagai
ilmu apabila dapat dinyatakan secara jujur atau apa adanya sesuai dengan hasil
pengamatan sehingga ilmu biologi harus bersifat....
a.
universal
b.
sistematis
c.
objektif
d.
analitis
e.
verifikasi
5.
Kumpulan dari individu-individu yang
sejenis disebut....
a.
organisme
b.
populasi
c.
komunitas
d.
ekosistem
e.
bioma
6.
Tingkatan ruang lingkup biologi yang
ditempati oleh kumpulan beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu
wilayah dalam waktu tertentu adalah....
a.
organisme
b.
ekosistem
c.
komunitas
d.
Populasi
e.
bioma
7.
Ruang lingkup biologi yang paling
mendasar adalah....
a.
sel
b.
biosfer
c.
organisme
d.
jaringan
e.
molekul
8.
Salah satu manfaat mempelajari biologi
di bidang pertanian adalah....
a.
penemuan bibit unggul
b.
berkurangnya plasma nutfah
c.
penemuan vaksin
d.
matinya tanaman-tanaman langka
e.
meningkatnya hama serangga
9.
Seseorang menderita radang paru-paru
merupakan salah satu contoh permasalahan biologi yang terjadi pada tingkat....
a.
sel
b.
jaringan
c.
organ
d.
sistem organ
e.
individu
10. Berikut
ini merupakan alasan mengapa virus dapat di anggap sebagai makhluk hidup, kecuali....
a.
kapsid terdiri atas protein
b.
dapat dikristalkan
c.
tubuh terdiri atas DNA/RNA
d.
dapat menduplikasi diri
e.
dapat hidup hanya pada sel hidup
11. Kapsid
tersusun atas subunit-subunit protein yang disebut dengan....
a.
kapsul
b.
nukleoprotein
c.
kapsomer
d.
neuleokapsid
e.
selubung protein
12. Virus
bukan merupakan sel karena tidak mempunyai....
a.
organel
b.
protein
c.
asam nukleat
d.
protoplasma
e.
basa nitrogen
13. Bagian
bacteriofage yang masuk ke dalam
tubuh sel inang adalah....
a.
DNA
b.
kapsid
c.
ekor
d.
kapsomer
e.
leher
14. Fungsi
ekor pada virus, saat menempel pada inangnya adalah untuk....
a.
menyerap enzim sel hidup inangnya
b.
mengaitkan untuk ikut bergerak
c.
menempel dan menyuntikan DNA/RNA
d.
menyerap zat yang terdapat di sel inang
e.
meracuni sel inang
15. Gambar
struktur tubuh virus
Asam
nukleat DNA/RNA terdapat di bagian bernomor....
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
16. Virus
bereplikasi untuk memperbanyak diri dengan cara....
a.
proliferasi
b.
membelah diri
c.
menginfeksi sel hidup
d.
amitosis
e.
fragmentasi
17. Replikasi
virus yang diakhiri dengan matinya sel inang disebut....
a.
infeksi sel inang
b.
siklus litik
c.
proliferasi
d.
peleburan
e.
siklus lisogenik
18. Perhatikan
gambar fase reproduksi virus berikut....
Reproduksi
virus pada gambar tersebut dinamakan fase....
a.
adsorpsi
b.
penetrasi
c.
sintesis
d.
pematangan
e.
lisis
19. Berikut
ini gambar fase reproduksi virus
Reproduksi
virus pada gambar tersebut dinamakan fase....
a.
adsorpsi
b.
penetrasi
c.
sintesis
d.
lisogenik
e.
lisis
20. Fase-fase
dari siklus litik pada reproduksi virus secara berurutan adalah....
a.
lisis – penetrasi – adsorpsi – sintesis
– perakitan
b.
penetrasi – adsorpsi – lisis – sintesis
– perakitan
c.
adsorbsi – lisis – penetrasi – sintesis
– perakitan
d.
sintesis – perakitan – adsorpsi –
penetrasi – lisis
e.
adsorbsi – penetrasi – sintesis –
perakitan – lisis
21. Ekor
virus menempel pada dinding sel bakteri terjadi pada tahap....
a.
sintesis
b.
adsorpsi
c.
penetrasi
d.
perakitan
e.
lisis
22. Virus
mengambil alih fungsi DNA bakteri bertujuan untuk....
a.
melipatgandakan bakteri
b.
mensintesis protein dan membuat struktur
tubuh virus baru
c.
agar DNA bakteri melakukan replikasi
sebagai persiapan pembelahan sel
d.
untuk membuat bakteri hancur
e.
untuk mengaktifkan inti sel bakteri
sehingga dapat mereproduksi enzim baru
23. Enzim
yang dihasilkan oleh virus yang dapat memecahkan dinding sel bakteri
disebut....
a.
neuraminidae
b.
litisozim
c.
lismin
d.
lisozim
e.
lisogenik
24. Penyakit
pada tumbuhan yang di sebabkan oleh virus, antara lain....
a.
tungro, mosaik, dan TYLC
b.
antraks, dan chikungunya
c.
kolera, flu burung, dan SARS
d.
kutil, cacar, dan gondong
e.
rabies, AIDS, dan sefilis
25. Pencegahan
terhadap infeksi virus polio dapat dilakukan dengan cara....
a.
memberikan vaksin virus hidup yang
dilemahkan melalui mulut (oral)
b.
pemberian vaksin virus hidup melalui
injeksi subkutan (kulit)
c.
pemberian vaksin virus mati yang di
campur bahan makanan
d.
pemberian interferon
e.
kemoterapi antivirus
26. Bagian
darah manusia yang akan di infeksi Human
Immunodeficiency Virus (HIV) adalah....
a.
monosit
b.
basofil
c.
leukosit
d.
trombosit
e.
eritrosit
27. Penularan
penyakit AIDSdapat melalui....
a.
seks bebas
b.
berjabat tangan
c.
udara kotor
d.
bersin
e.
gigitan nyamuk
28. Medium
yang dapat digunakan untuk mengembangbiakan virus yaitu....
a.
agar-agar
b.
bangkai
c.
air kaldu
d.
embrio telur
e.
daging
29. Campak
di sebabkan oleh virus....
a.
Paramixovirus
b.
Orthomyxovirus
c.
Avian
influenza
d.
Adenovirus
e.
Retrovirus
30. Ilmuwan
yangmengemukakan bahwa virus tembakau dapat dikristalkan adalah....
a.
Iwanovski
b.
Louis P.
c.
M. Beijerinck
d.
Robert Hook
e.
Wendel Stanley
0 komentar:
Posting Komentar