Senin, 14 Desember 2015

Kisi-kisi dan soal Ulangan Tengah Semester Kelas X KTSP



KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER

Nama Sekolah                       : SMA
Mata Pelajaran                      : Biologi
Kelas / Semester                    : X/ Ganjil
Standar Kompetensi             : 1 Memahami hakikat Biologi  sebagai ilmu.
                                                2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup

Kompetensi
Dasar
Tujuan Pembelajaran
Indikator Soal
Penilaian
Aspek
Kognitif
Bentuk
Soal
Nomor
Soal

Kunci
Jawaban
1.1 Mengidentifikasi
      ruang lingkup
      Biologi

Siswa dapat menjelaskan sikap dan perilaku ilmiah atau sikap ilmiah seorang saintis
Menjelaskan sikap dan perilaku ilmiah atau sikap ilmiah seorang saintis
C2
PG
3
B
C2
PG
4
C
Siswa dapat menganalisis cabang biologi beserta manfaatnya bagi manusia dan lingkungannya
Menganalisis cabang-cabang biologi beserta manfaatnya bagi manusia
C2
PG
1
E
C2
PG
2
E
Siswa dapat mengidentifikasi ruang lingkup biologi berdasarkan objek dan permasalahannya pada tingkat organisasi kehidupan
Mengidentifikasi tingkat organisasi kehidupan berdasarkan objek dan permasalahan biologi
C2
PG
5
B
C2
PG
6
C
C2
PG
7
A
C2
PG
9
C
Siswa dapat memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi.

Menyebutkan manfaat mempelajari biologi
C1
PG
8
A
2.1.Mendeskripsikan ciri-ciri replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri virus berdasarkan kajian pustaka atau teori
Menjelaskan ciri-ciri virus
C2
PG
10
B
C2
PG
11
C
C2
PG
12
D
C2
PG
15
A
C2
PG
16
C
C2
PG
28
D
C2
PG
30
E
Siswa dapat membandingkan siklus litik dan lisogenik pada reproduksi virus
Membandingkan siklus lisis dan lisogenik pada reproduksi virus
C2
PG
13
A
C2
PG
14
C
C2
PG
17
B
C2
PG
18
B
C2
PG
19
E
C2
PG
20
E
C2
PG
21
B
C2
PG
22
B
C2
PG
23
D
Siswa dapat menjelaskan peranan virus dalam kehidupan
Menjelaskan peranan menguntungkan dalam rekayasa genetika
C2
PG
25
A
Menjelaskan peranan merugikan dalam kehidupan
C2
PG
24
A
C2
PG
26
C
C2
PG
27
A
C2
PG
29
A

SOAL ULANGAN TENGAH SEME
STER KELAS X
“BIOLOGI”
1.        Berikut ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang burung disebut....
a.        sitologi
b.        zoologi
c.        limnologi
d.        herpetologi
e.        ornithologi
2.        Berikut ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang jamur disebut....
a.        patologi
b.        paleontologi
c.        virologi
d.        mikologi
e.        bakteriologi
3.        Berbagai keterangan mengenai sel akan mendukung pengetahuan tentang jaringan sedangkan jaringan akan mendukung pengetahuan tentang organ. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu biologi memiliki sifat....
a.        universal
b.        sistematis
c.        verifikasi
d.        analisis
e.        objektif
4.        Syarat biologi apat dikatakan sebagai ilmu apabila dapat dinyatakan secara jujur atau apa adanya sesuai dengan hasil pengamatan sehingga ilmu biologi harus bersifat....
a.        universal
b.        sistematis
c.        objektif
d.        analitis
e.        verifikasi
5.        Kumpulan dari individu-individu yang sejenis disebut....
a.        organisme
b.        populasi
c.        komunitas
d.        ekosistem
e.        bioma
6.        Tingkatan ruang lingkup biologi yang ditempati oleh kumpulan beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu wilayah dalam waktu tertentu adalah....
a.        organisme
b.        ekosistem
c.        komunitas
d.        Populasi
e.        bioma
7.        Ruang lingkup biologi yang paling mendasar adalah....
a.        sel
b.        biosfer
c.        organisme
d.        jaringan
e.        molekul
8.        Salah satu manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian adalah....
a.        penemuan bibit unggul
b.        berkurangnya plasma nutfah
c.        penemuan vaksin
d.        matinya tanaman-tanaman langka
e.        meningkatnya hama serangga
9.        Seseorang menderita radang paru-paru merupakan salah satu contoh permasalahan biologi yang terjadi pada tingkat....
a.         sel
b.        jaringan
c.        organ
d.        sistem organ
e.        individu
10.     Berikut ini merupakan alasan mengapa virus dapat di anggap sebagai makhluk hidup, kecuali....
a.        kapsid terdiri atas protein
b.        dapat dikristalkan
c.        tubuh terdiri atas DNA/RNA
d.        dapat menduplikasi diri
e.        dapat hidup hanya pada sel hidup
11.     Kapsid tersusun atas subunit-subunit protein yang disebut dengan....
a.        kapsul
b.        nukleoprotein
c.        kapsomer
d.        neuleokapsid
e.        selubung protein
12.     Virus bukan merupakan sel karena tidak mempunyai....
a.        organel
b.        protein
c.        asam nukleat
d.        protoplasma
e.        basa nitrogen
13.     Bagian bacteriofage yang masuk ke dalam tubuh sel inang adalah....
a.        DNA
b.        kapsid
c.        ekor
d.        kapsomer
e.        leher
14.     Fungsi ekor pada virus, saat menempel pada inangnya adalah untuk....
a.        menyerap enzim sel hidup inangnya
b.        mengaitkan untuk ikut bergerak
c.        menempel dan menyuntikan DNA/RNA
d.        menyerap zat yang terdapat di sel inang
e.        meracuni sel inang
15.     Gambar struktur tubuh virus
Asam nukleat DNA/RNA terdapat di bagian bernomor....
a.        1
b.        2
c.        3
d.        4
e.        5
16.       Virus bereplikasi untuk memperbanyak diri dengan cara....
a.        proliferasi
b.        membelah diri
c.        menginfeksi sel hidup
d.        amitosis
e.        fragmentasi
17.       Replikasi virus yang diakhiri dengan matinya sel inang disebut....
a.        infeksi sel inang
b.        siklus litik
c.        proliferasi
d.        peleburan
e.        siklus lisogenik
18.       Perhatikan gambar fase reproduksi virus berikut....
Reproduksi virus pada gambar tersebut dinamakan fase....
a.        adsorpsi
b.        penetrasi
c.        sintesis
d.        pematangan
e.        lisis
19.       Berikut ini gambar fase reproduksi virus
Reproduksi virus pada gambar tersebut dinamakan fase....
a.        adsorpsi
b.        penetrasi
c.        sintesis
d.        lisogenik
e.        lisis
20.     Fase-fase dari siklus litik pada reproduksi virus secara berurutan adalah....
a.        lisis – penetrasi – adsorpsi – sintesis – perakitan
b.        penetrasi – adsorpsi – lisis – sintesis – perakitan
c.        adsorbsi – lisis – penetrasi – sintesis – perakitan
d.        sintesis – perakitan – adsorpsi – penetrasi – lisis
e.        adsorbsi – penetrasi – sintesis – perakitan – lisis
21.     Ekor virus menempel pada dinding sel bakteri terjadi pada tahap....
a.        sintesis
b.        adsorpsi
c.        penetrasi
d.        perakitan
e.        lisis
22.     Virus mengambil alih fungsi DNA bakteri bertujuan untuk....
a.        melipatgandakan bakteri
b.        mensintesis protein dan membuat struktur tubuh virus baru
c.        agar DNA bakteri melakukan replikasi sebagai persiapan pembelahan sel
d.        untuk membuat bakteri hancur
e.        untuk mengaktifkan inti sel bakteri sehingga dapat mereproduksi enzim baru
23.     Enzim yang dihasilkan oleh virus yang dapat memecahkan dinding sel bakteri disebut....
a.        neuraminidae
b.        litisozim
c.        lismin
d.        lisozim
e.        lisogenik
24.     Penyakit pada tumbuhan yang di sebabkan oleh virus, antara lain....
a.        tungro, mosaik, dan TYLC
b.        antraks, dan chikungunya
c.        kolera, flu burung, dan SARS
d.        kutil, cacar, dan gondong
e.        rabies, AIDS, dan sefilis
25.     Pencegahan terhadap infeksi virus polio dapat dilakukan dengan cara....
a.        memberikan vaksin virus hidup yang dilemahkan melalui mulut (oral)
b.        pemberian vaksin virus hidup melalui injeksi subkutan (kulit)
c.        pemberian vaksin virus mati yang di campur bahan makanan
d.        pemberian interferon
e.        kemoterapi antivirus
26.     Bagian darah manusia yang akan di infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah....
a.        monosit
b.        basofil
c.        leukosit
d.        trombosit
e.        eritrosit
27.     Penularan penyakit AIDSdapat melalui....
a.        seks bebas
b.        berjabat tangan
c.        udara kotor
d.        bersin
e.        gigitan nyamuk
28.     Medium yang dapat digunakan untuk mengembangbiakan virus yaitu....
a.        agar-agar
b.        bangkai
c.        air kaldu
d.        embrio telur
e.        daging
29.     Campak di sebabkan oleh virus....
a.        Paramixovirus
b.        Orthomyxovirus
c.        Avian influenza
d.        Adenovirus
e.        Retrovirus
30.     Ilmuwan yangmengemukakan bahwa virus tembakau dapat dikristalkan adalah....
a.           Iwanovski
b.          Louis P.
c.           M. Beijerinck
d.          Robert Hook
e.           Wendel Stanley

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates