RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : SMAN Pontianak
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/semester : XI / I (pertama)
Materi Pelajaran : Struktur dan fungsi jaringan hewan
Alokasi Waktu : 180 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
Mengahayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dan
damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
hunya tentang ilmu pengetahuan, taknologi,seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan , kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengemabngan diri yang dipelajarinya
disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar
1.1
|
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
ciptaan tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun
sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup
|
2.1
|
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai
data dan fakta,disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan
eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan beragumentasi,
peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan
dalam melakukan pengamatan dan percobaan didalam kelas/ laboratorium maupun
diluar kelas/laboratorium.
|
3.3
|
Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan
antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan
Indikator
pencapaian kompetensi
3.3.1 menganalisis berbagai bentuk dan struktur
sel penyusun jaringan epitel
3.3.2. mendeskripsikan berbagai macam jaringan
ikat pada hewan
3.3.3. membedakan jaringan otot polos, otot
lurik dan otot jantung
3.3.4. menjelaskan ciri-ciri jaringan saraf
|
4.3
|
Menyajikan data tentang struktur anatomi
jaringan pada hewan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan pemahaman
hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan terhadap bioproses
yang berlangsung pada hewan
Indikator
pencapaian kompetensi
4.3.1. mengaitkan struktur jaringan dengan letak
dan fungsinya dalam tubuh hewan/manusia
4.3.2. mengidentifikasi berbagai macam organ
penyusun sistem organ tubuh hewan
4.3.3. menjelaskan abnormalitas sel-sel pada
penyakit tumor/ kanker, dan penyebabnya
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan,
peserta didik dapat:
1
|
menganalisis berbagai bentuk dan struktur sel
penyusun jaringan epitel.
|
2.
|
mendeskripsikan berbagai macam jaringan ikat
dalam tubuh hewan/manusia
|
3
|
membedakan
jaringan otot polos, otot lurik dan otot jantung
|
3
|
menjelaskan ciri-ciri jaringan saraf
|
4
|
mengaitkan struktur jaringan dengan letak dan
fungsinya dalam tubuh hewan/manusia
|
5
|
mengidentifikasi berbagai macam organ penyusun
sistem organ tubuh hewan
|
6
|
menjelaskan abnormalitas sel-sel pada penyakit
tumor/ kanker, dan penyebabnya
|
D.
Materi
1.
Materi Fakta
a.
Gambar bentuk jaringan epitel
b.
Gambar jaringan otot polos,otot
lurik dan otot jantung
c.
Gambar jaringan saraf
d.
Faktor penyebab abnormalitas sel-sel
pada penyakit kanker
2.
Materi Konsep
a.
Ilmu yang mempelajari tentang jaringan
adalah Histologi
b.
Macam-macam jenis jaringan : jaringan epitel , jaringan ikat , jaringan otot dan jaringan saraf
c.
Bagian-bagian jaringan saraf
d.
Mengaitkan struktur jaringan dengan
letak dan fungsi dalam tubuh hewan/manusia
3.
Materi Prinsip
a.
Ciri-ciri jaringan epitel, dan
jaringan otot
b.
Fungsi jaringan ikat
4.
Prosedur/deskripsi materi
a.
Merinci organ-organ penyusun sistem organ pada tumbuhan
E.
Stretegi Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
b.
Metode : Diskusi
c.
Model : Kooperatif tipe Jigsaw
F.
Sumber Belajar/Bahan Ajar
a. Alat / Bahan
a)
Charta otot
polos, otot lurik, dan otot jantung
b)
Charta saraf
b.
Sumber Belajar
a)
LKS
tentang jaringan hewan
b)
Irnaningtyas .2013.
Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok
Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga.
c)
Campbell, et. All. 2002. Biologi. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan(10
menit)
a. Memberikan salam dilanjutkan dengan doa, sebagai perwujudan nilai religius
- Menyiapkan kondisi kelas disertai pembiasaan nilai disiplin, agar peserta didik tertib mengikuti proses pembelajaran.
c.
Apersepsi : guru menanyakan kepada siswa “pernahkah
kalian melihat hati ayam?” apa saja komponen penyusun hati tersebut?
d.
Menuliskan topik yang akan dipelajari: ”Struktur
dan Fungsi Jaringan Hewan”.
e.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai
2.
Kegiatan
inti (140 menit)
Mengamati
f.
Mengamati berbagai fakta
mengenai berbagai macam bentuk
jaringan yang ditayangkan oleh guruwan/manusia
g.
Menjawab
macam-macam jaringan yang menyusun tubuh hewan atau manusia
h.
Membuat
rangkuman dari penjelasan guru mengenai jaringan hewan
Menanya
i.
Siswa membuat
pertanyaan tentang hubungan jaringan dengan kerja organ didalam tubuh hewan
atau manusia.
j.
Siswa
mengajukan/ mengemukakan pertanyaan
Mencoba
k.
Siswa
diberikan penjelasan tentang kelompok belajar dan kelompok ahli serta tugas
kelompok ahli untuk menjelaskan soal yang dikerjakannya kepada kelompok belajar
l.
Siswa
dibentuk kelompok belajar dengan anggota 5 orang. Setiap kelompok diberikan LKS
yang berisi 5 soal jaringan ikat dan penyebab abnormalitas pada jaringan (Tumor
dan kanker), satu orang siswa bertanggung jawab dengan satu soal.
m.
Siswa
diarahkan untuk membentuk kelompok ahli dengan siswa yang membahas soal yang
sama.
n.
Siswa mendiskusikan
jawaban dari soal yang diberikan selama 10 menit
o.
Siswa kembali
ke kelompok belajar dan diberikan waktu 20 menit untuk menjelaskan jawaban dari
soal yang didapat kepada teman satu kelompoknya.
Mengasosiasi
p.
Siswa menggali informasi,
melakukan analisis untuk menjelaskan dan menarik kesimpulan mengenai jaringan ikat dan penyebab abnormalitas pada
jaringan (Tumor dan kanker).
q.
Guru membimbing/menilai
kemampuan siswa dalam mengolah hasil diskusi dan merumuskan kesimpulan yang
dituliskan pada LKS.
Mengomunikasikan
r.
Guru meminta perwakilan
kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan membuat kesimpulan mengenai hasil
diskusinya
s.
Kelompok lain merespon atau
menanggapi dengan santun.
t.
Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi
secara lisan.
3.
Penutup (30 menit)
u.
Guru
membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang jaringan hewan
v.
Melakukan
penilaian postest.
w.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
x.
Siswa
mengumpulkan tugas portofolio jaringan hewan yang telah diberikan minggu lalu.
y.
Menyusun
rencana tindak lanjut berupa remedial dan pengayaan.
z.
menyampaikan rencana pertemuan berikutnya dan mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam.
H. Penilaian
1.
Jenis
/ Teknik Penilaian
a.
Portofolio
b.
Observasi sikap
c.
Tes Tertulis
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen penilaian portofolio
b.
Instrumen penilaian sikap
c.
Instrumen penilaian diskusi
d.
Instrumen tes menggunakan tes
tertulis terurai
Contoh instrumen (Terlampir)
__________, 27 September 2014
Mengetahui
:
Kepala
_____________ Guru
Mata Pelajaran,
______________________ ______________________
NIP. NIP.
Lampiran
1 :
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO
Sekolah :
SMA Negeri 9
Pontianak
Mata Pelajaran : Biologi
Durasi Waktu :
Nama Peserta didik :
Kelas/SMT :
XI / Ganjil
No
|
KI/KD/PI
|
Waktu
|
MACAM PORTOFOLIO
|
Jumlah score
|
Nilai
|
|||
Kualitas rangkuman
|
Prosedur isi
|
Penjabaran materi
|
kesimpulan
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
ü PI : Pencapaian Indikator
ü Untuk setiap karya peserta didik dikumpulkan dalam satu file sebagai
bukti pekerjaan yang masuk dalam portofolio
ü Skor menggunakan rentang antara 0 – 10 atau 10 – 100
ü Kolom keterangan diisi oleh guru untuk menggambarkan karakteristik
yang menonjol dari hasil kerja tersebut
Catatan :
Penilaian Portofolio dilakukan dengan
sistem pembobotan sesuai tingkat kesulitan dalam pembuatannya.
Lampiran
2 :
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Materi :
Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan
Kelas/semester : XI / Ganjil
Hari / tanggal :
No
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan
:
·
1 = jika peserta didik sangat
kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
2 = jika peserta didik kurang
konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
·
3 = jika peserta didik mulai
konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
4 = jika peserta didik
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
5 = jika peserta didik selalu
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
FORMAT
PENILAIAN
Nilai =
x 100
Lampiran
3 :
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DISKUSI
Hasil Penilaian
Diskusi
Topik :
.........................................................
Tanggal :
........................................................
Jumlah siswa :
........................orang
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan argumentasi
|
Jumlah score
|
Nilai
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik :
·
Menyampaikan pendapat
1.
Tidak sesuai masalah
2.
Sesuai dengan masalah, tapi
belum benar
3.
Sesuai dengan masalah dan benar
4.
Dengan masalah dan benar serta
didukung dengan referensi
·
Menanggapi pendapat
1.
Langsung setuju atau menyanggah
tanpa alasan
2.
Setuju atau menyanggah dengan
alasan yang benar tidak sempurna
3.
Setuju atau menyanggah dengan
alasan benar
4.
Setuju atau menyanggah dengan
alasan yang benar dengan didukung referensi
·
Mempertahankan pendapat
1.
Tidak dapat mempertahankan
pendapat
2.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan kurang benar
3.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan benar tidak didukung referensi
4.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan benar didukung referensi
Lampiran 4 :
INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF
Soal Postest
1.
Gambar lah jaringan epitel berikut ini
a.
epitel pipih berlapis banyak
b.
epitel kubus selapis
c.
epitel silindris bertingkat ! (skor 3)
2.
Sebutkan masing-masing 2 perbedaan otot
polos, otot rangka (otot lurik), dan otot jantung dan gambarlah masing-masing
otot tersebut?(skor 9)
3.
Sebutkan 3 faktor yang menyebabkan tumor/kanker? (Skor 3)
Kunci Jawaban
postest
1.
Epitel pipih selapis Epitel kubus berlapis banyak
Epitel silinris
bertingkat
2.
Perbedaan antara otot polos,otot rangka(otot lurik) dan
otot jantung
Perbedaan
|
Otot polos
|
Otot rangka (otot lurik)
|
Otot jantung
|
Bentuk sel
|
Berbentuk gelendong
|
Berebntuk silindris panjang
|
Berbentuk silindris dan memiliki cabang
|
Pengaruh saraf
|
Saraf tak sadar (Bekerja
secara tidak sadar)
|
Saraf Sadar (Berkerja
secara sadar)
|
Saraf tak sadar (Bekerja secara tidak sadar)
|
Inti sel
|
Memiliki 1 inti
berbentuk oval ditengah sel
|
Memiliki banyak inti berbentuk lonjong di pinggir
sel
|
Memiliki 1
inti berbentuk lonjong ditengah sel
|
Aktifitas
|
Kontraksi lambat, tidak
mudah lelah
|
Kontraksi cepat,kuat, mudah lelah
|
Kontraksi
cukup kuat, ritmis, otomatis, tidak mudah lelah.
|
3.
Sebutkan 3 faktor yang menyebabkan tumor/kanker?
a.
Faktor keturunan (genetik)
b.
Faktor lingkungan
c.
Faktor makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya
d.
Virus
e.
Infeksi cacing atau bakteri
f.
Gangguan keseimbangan hormonal
g.
Faktor kejiwaan dan emosional
h.
Radikal bebas
Skor maksimal = 15
Nilai =
x 100
Lampiran 5 :
LEMBAR KERJA SISWA
Struktur
dan fungsi jaringan hewan
KELOMPOK :
________________
NAMA :
________________
KELAS : ________________
ALOKASI WAKTU
: 15 menit
Tujuan :
a.
Dapat mendekripsikan
macam-macam jaringan ikat dalam tubuh
hewan / manusia.
b.
Menjelaskan
faktor penyebab abnormalitas sel-sel pada penyakit tumor/ kanker.
Hewan merupakan
organisme multiseluler (banyak sel). Sel-sel tersebut membentuk jaringan,
beberapa jaringan membentuk sistem organ. Jaringan hewan vertebrata dapat
dibedakan menjadi empat jaringan dasar, yaitu jaringan epitel, jaringan saraf,
jaringan otot dan jaringan ikat.
Jaringan ikat berfungsi
untuk menyambung antar jaringan, penyokong struktur tubuh, penyimpan energi,
pelindung suatu organ dan transpor cairan tubuh. Jaringan ikat tersusun dari
bahan intersel(matriks) dan sel-sel penyusun jaringan ikat. Matriks jaringan
ikat terdiri dari substansi intersel amorf (tidak berbentuk) substansi intersel
fibrosa (serat), dan serat elastik sedangkan sel-sel penyusun jaringan ikat
yaitu fibroblas, makrofag, sel lemak, sel plasma, sel pigmen, leukosit dan sel
mesenkim. Jaringan ikat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu jaringan ikat sejati,
jaringan ikat cair dan jaringan ikat penyokong.
Berdasarkan
pertumbuhannya tumor dibedakan menjadi 2 jenis yaitu tumor ganas(malignant tumor) dan tumor jinak (benign
tumor), tumor yang bersifat ganas disebut kanker. kanker ditandai dengan
pembelahan sel yang tidak terkendali dan sel-sel kanker memiliki kemampuan
menyerang jaringan lain. pembelahan sel yang tidak terkendali tersebut
menyebabkan mutasi DNA atau gen yang mengontrol pembelahan sel.
Pertanyaan :
1. Jelaskan macam-macam penyusun jaringan ikat?
2. Jelaskan jaringan ikat sejati beserta contohnya?
3. Jelaskan jaringan ikat cair beserta contohnya?
4. Jelaskan jaringan ikat penyokong beserta
contohnya?
5. Jelaskan faktor yang dapat meningkatkan resiko
terjadinya tumor / kanker
1 komentar:
bpk/ibu trimaksih informasinya tentang RPP sitem jaringan hewan. semoga berkah amin
Posting Komentar