RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : SMAN Pontianak
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/semester : XI / I (pertama)
Pertemuan Ke : 3 (ketiga)
Materi Pelajaran : Struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan
Alokasi Waktu : 180 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
Mengahayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dan
damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
hunya tentang ilmu pengetahuan, taknologi,seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan , kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengemabngan diri yang dipelajarinya
disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar
1.1
|
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
ciptaan tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem
dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup
|
2.1
|
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai
data dan fakta,disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan
eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan beragumentasi, peduli
lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara
ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam
melakukan pengamatan dan percobaan didalam kelas/ laboratorium maupun diluar
kelas/laboratorium.
|
3.3
|
Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan
antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan
|
4.3
|
Menyajikan data tentang struktur anatomi
jaringan pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan
pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan terhadap
bioproses yang berlangsung pada tumbuhan
|
C. Tujuan Pembelajaran
2.1.
|
Siswa dapat berkerja sama,dan aktif melakukan
diskusi tentang struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan.
|
3.1.
|
Siswa dapat membedakan ciri-ciri dan fungsi
jaringan meristematis pada tumbuhan melalui diskusi
|
3.2.
|
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri dan fungsi
berbagai jenis jaringan permanen(jaringan dewasa) pada tumbuhan melalui
diskusi
|
3.3.
|
Siswa dapat menentukan jenis-jenis jaringan
penyusun organ vegetatif (akar, batang,daun) dan organ generatif ( Bunga,
buah dan biji) melalui diskusi kelompok.
|
3.4.
|
Siswa dapat membedakan antara jaringan monokotil
dan jaringan dikotil pada daun, batang dan akar tumbuhan melalui pengamatan gambar.
|
3.5.
|
Siswa dapat menjelaskan tentang teknik kultur
jaringan melalui diskusi
|
D.
Materi pembelajaran
Tumbuhan
merupakan organisme multiseluler yang terdiri atas banyak sel. Sel-sel tumbuhan
dengan bentuk, susunan dan fungsi yang sama akan membentuk suatu organ,
misalnya akar, batang, bunga, buah, dan biji. Beberapa organ tumbuhan
dimanfaatkan untuk perkembangbiakkan tumbuhan secara generatif pada umumnya
menggunakan tumbuhan biji, sedangkan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif
dapat menggunakan batang, umbi, serta tunas akar dan daun.
1. Jenis jaringan
pada tumbuhan
Jaringan adalah sekumpulan satu atau lebih jenis sel yang
memiliki fungsi dan tujuan yang sama akan berkumpul membentuk jaringan tumbuhan
tertentu.
Berdxasarkan aktivitas pembelahan sel yang terjadi selama
masa pertumbuhan dan perkembangan, jenis jaringan tumbuhan dapat dikelompokkan
menjadidua macam, yaitu jaringan meristem(jaringan embrional) dan jaringan
permanen (jaringan dewasa).
a. Jaringan meristem
Jaringan meristem adalah jaringan
yang selalu membelah. Jaringan
meristem terdapat pada ujung batang dan akar sehingga sering disebut meristem
apikal.
b. Jaringan
Dewasa
Jaringan dewasa adalah jaringan
yang telah mengalami diferensiasi.
Berdasarkan bentuk dan fungsinya, jaringan dewasa dapat dibedakan menjadi
beberapa macam, yaitu jaringan epidermis, parenkim, kolenkim, sklerenkim,
pengangkut, dan gabus
1)
Jaringan Epidermis
Jaringan epidermis adalah
jaringan paling luar yang
menutupi seluruh permukaan tubuh tumbuhan. Jaringan ini berfungsi untuk
melindungi jaringan di dalamnya dan sebagai tempat pertukaran zat.
Derivat
epidermis
Yang dimaksud dengan derivat
adalah perubahan struktur epidermis dimana fungsinya juga ikut berubah.
Beberapa macam derivat jaringan tumbuhan antara lain:Macam-macam derivat
epidermis yaitu:
a)
Stomata
Merupakan derivat epidermis yang
berfungsi sebagai jalan masuknya O2 dan CO2 dari udara , Sebagai jalan
penguapan (transpirasi), Sebagai jalan pernafasan (respirasi).
Gambar 1. stomata melalui pengamatan dibawah mikroskop
Gambar 2. Stomata dalam keadaan terbuka dan menutup
b)
Trikoma
Trikoma adalah alat tambahan pada
epidermis yang berupa tonjolan/rambut
c)
Sel Kipas / Bulliform Cell
Sel Kipas merupakan sel yang
berfungsi dalam proses pembukaan gulungan daun dalam tunas dan
untuk mengurangi penguapan yang berlebihan.
d)
Sel silika dan sel gabus
Fungsi sel silika dan sel gabus
yang berfungsi untuk memperkuat batang dan kulit batang menjadi keras.
e)
Litokis
Litokis merupakan derivat
epidermis yang terdapat di dalam mesofil daun.
2) Jaringan
Parenkim
Jaringan parenkim sering disebut
jaringan dasar karena terbentuk dari meristem dasar. Jaringan ini terletak di
sebelah dalam jaringan epidermis. Fungsinya yaitu untuk menyimpan air dan cadangan makanan.
3) Jaringan
Kolenkirm
Kolenkim merupakan jaringan
penyokong atau penguat pada organ tubuh tumbuhan muda dan tanaman herba.
Kolenkim merupakan sel hidup dan
sifatnya mirip parenkim. Ada sel kolenkim yang mengandung kloroplas dan
berperan dalam proses fotosintesis.
4) Jaringan
Sklerenkim
Sklerenkim merupakan jaringan
penguat yang terdiri atas sel mati.
Dinding sel sklerenkim sangat kuat, tebal, dan mengandung lignin. Berdasarkan
bentuknya, sklerenkim dibagi menjadi dua macam, yaitu serabut dan sklereid (sel
batu).
Serabut atau serat berasal dari
jaringan meristem, umumnya terdiri atas sel-sel yang panjang dan bergerombol
membentuk anyaman atau pita. Contohnya, pelepah daun pisang. Sedangkan,
sklereid merupakan jaringan sklerenkim yang bentuk selnya membulat dengan
dinding sel yang mengalami penebalan. Contohnya, tempurung kelapa atau kulit
biji keras.
5) Jaringan
Pengangkut
Jaringan pengangkut atau jaringan
pembuluh, merupakan jaringan tumbuhan yang berfungsi untuk pengangkutan zat. Jaringan ini
dibagi menjadi dua macam,yaitu floem dan xilem. Floem berfungsi untuk mengangkut zat makanan hasil fotosintesis
dari daun ke seluruh tubuh. Sedangkan, xilem
berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun dan bagian
tubuh lainnya.
6) Jaringan
Gabus
Jaringan gabus merupakan jaringan
yang tersusun atas sel-sel gabus yang berbentuk memanjang. Jaringan ini
berfungsi melindungi jaringan lain yang
terdapat di bawahnya agar tidak terlalu banyak kehilangan air. Oleh
karena itu, sel gabus biasanya ditemukan di permukaan luar batang.
2. Organ pada Tumbuhan
Organ pokok tumbuhan ada tiga,
yaitu akar, batang, dan daun. Pada tumbuhan berbiji terdapat bunga sebagai alat
perkembangbiakannya.
a. Akar
Akar memiliki fungsi untuk
menyerap air dan nutrisi, memperkokoh tumbuhan, sebagai penyimpan cadangan
makanan, dan ada juga yang berfungsi untuk respirasi pada tumbuhan tertentu.
Pada tumbuhan dikotil dan
monokotil, ujung akarnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra agar akar
tidak rusak saat menembus lapisan tanah. Pada tumbuhan dikotil, akar lembaga
terus tumbuh sehingga dihasilkan akar tunggang. Sedangkan, pada tumbuhan
monokotil akar lembaga mati sehingga tidak bisa tumbuh.Berikut ini merupakan
animasi irisan membujur akar.
Sedangkan penampang melintang
akar dapat dilihat di gambar berikut i
b. Batang
Batang berfungsi sebagai
penyokong tumbuhan tersebut, sarana transportasi atau pengangkut, penyimpan
cadangan makanan, membantu proses respirasi yaitu melalui lentisel.
1) Batang dikotil
Berikut ini merupakan penampang
melintang batang dikotil.
Pada epidermis tumbuhan dikotil
ada yang membentuk lentisel yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya
udara pada tumbuhan. Batang tumbuhan dikotil memiliki lingkaran tahun hal ini
disebabkan oleh aktivitas kambium yang menyebabkan pertumbuhan
membesar. Tipe ikatan pembuluh pada batang dikotil yaitu kolateral
terbuka karena antara xilem dan floem terdapat kambium.
2) Batang monokotil
Berikut merupakan penampang
melintang batang monokotil dan batang dikotil
Tipe ikatan pembuluh pada batang
monokotil yaitu kolateral tertutup karena letak xilem dan floem
berdampingan tidak dibatasi oleh kambium menyebabkan pertumbuhan monokotil
hanya memanjang.
Modifikasi pada batang
Batang dapat memiliki fungsi tambahan, yang berakibat pada berubahnya bentuk (morfologi) dari bentuk dasar menjadi bentuk yang lain. Berikut adalah beberapa bentuk modifikasi batang.
Modifikasi pada batang
Batang dapat memiliki fungsi tambahan, yang berakibat pada berubahnya bentuk (morfologi) dari bentuk dasar menjadi bentuk yang lain. Berikut adalah beberapa bentuk modifikasi batang.
a) Rhizoma,brfungsi sebagai alat perkermbangbiakan
vegetative,Contohnya pada tanaman jahe.
b) Tuber(umbi batang),berfungsi sebagai tempat menyimpan
cadangan makanan,contohnya pada tanaman kentang.
c) Bulbus(umbi lapis),berfungsi sebagai tempat
penyimpanan cadangan makanan dan alat perkembangbiakan vegetative,contohnya
pada bawang merah.
d) Runner,tumbuh sebagai tunas aksilaris batang(tunas
ketiak batang).
e) Stolon,tunas yang tumbuh atau timbul dari bagian dasar
batang
f) Offset,tunas yang tumbuh dari ketiak daun (tunas
aksilaris daun)
3) Daun
Daun merupakan
organ tumbuhan yang berfungsi untuk fotosintesis. Hal ini disebabkan karena
daun memiliki zat hijau daun (klorofil) yang bisa menyerap sinar
matahari. Secara anatomi, jaringan yang menyusun daun adalah epidermis,
mesofil, dan jaringan pembuluh.
a. Epidermis
Epidermis merupakan lapisan
terluar yang menutup permukaan dan bawah daun. Jaringan ini berfungsi
melindungi jaringan daun di bawahnya. Biasanya dilapisi kutikula untuk mencegah
terjadinya penguapan air yang terlalu besar.Epidermis dapat mengalami modifikasi
menjadi stomata atau mulut daun yang berfungsi untuk pertukaran udara. Pada
tumbuhan darat, stomata ini terletak di epidermis permukaan bawah daun, tetapi
untuk tumbuhan air, seperti teratai (Nelumbium nelumbo), stomatanya terletak di
permukaan atas daun.
b. Mesofil
Mesofil disebut juga jaringan
dasar, terletak di antara epidermis atas dan bawah. Mesofil terdiri atas
jaringan palisade dan jaringan bunga karang (jaringan spons). Kedua jaringan
ini banyak mengandung kloroplas yang berperan sebagai tempat fotosintesis. Jaringan
palisade bentuknya memanjang, mengandung banyak kloroplas, dan tersusun rapat.
Jaringan ini terletak di bawah epidermis. Sedangkan, jaringan bunga karang
bentuknya beragam, tidak teratur, mengandung sedikit kloroplas, dan tersusun
renggang. Jadi, proses fotosinteis terjadi di jaringan palisade dan hasilnya
ditampung sementara di jaringan spons. Setelah itu, disebarkan ke seluruh tubuh
tumbuhan oleh jaringan pembuluh.
c. Jaringan Pembuluh
Jaringan pembuluh atau pengangkut
daun terdapat pada tulang daun. Pada tulang daun terdapat urat-urat halus yang
berperan sebagai pembuluh nadi dan sebagai kerangka daun sehingga daun menjadi
kuat.
Jaringan pengangkut dibagi
menjadi dua, yaitu floem dan xilem. Susunan kedua jaringan ini sama seperti
susunan pada batangnya karena merupakan terusan dari jaringan pengangkut di
batang.
4) Bunga
Bunga merupakan alat
perkembangbiakan pada tumbuhan Angiospermae. Bunga merupakan alat
perkembangbiakan karena di dalam bunga terdapat alat-alat reproduksi, seperti
benang sari, putik, dan kandung lembaga.
Pada dasarnya, anatomi bunga
tumbuhan monokotil dan dikotil adalah sama, yaitu kelopak bunga (kaliks),
mahkota bunga (corolla), benang sari (stamen), putik, dan lembaga (ovarium).
Kelopak bunga adalah bagian bunga
terluar, terletak pada dasar bunga. Kelopak ini berwarna hijau dan merupakan
modifikasi dari daun. Bagian atau lembaran kelopak bunga disebut juga daun
kelopak (sepal). Mahkota dan kelopak bunga sering disebut perhiasan bunga.
Ukuran mahkota biasanya besar dan berwarna-warni. Tumbuhan dikotil umumnya
empat atau lima helai. Sedangkan, pada tumbuhan monokotil tiga atau enam helai.
E. Strategi Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Metode :
Diskusi
Model :
Kooperatif tipe talking Stick
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Tahapan
|
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Fase-1 Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
·
Siswa
menjawab salam yang disampaikan oleh guru
·
Siswa mengamati gambar tumbuhan yang ditampilkan oleh guru
·
Guru bertanya” Pertemuan yang lalu kalian telah
mempelajari tentang sel, apakah tumbuhan tersusun atas sel-sel?
|
10 menit
|
Inti
|
Fase-2 Menyajikan informasi
|
Mengamati
·
Siswa mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru
tentang jaringan pada tumbuhan melalui
·
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
jaringan pada tumbuhan
Menanyakan
Siswa
menanyakan materi yang tidak dimengerti
|
20 menit
|
Fase-3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
|
Mencoba
·
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok belajar
·
Guru membagikan LKS kepada siswa
|
5 menit
|
|
Fase-4 Membimbing kelompok bekerja dan belajar
|
·
Siswa berdiskusi tentang jaringan pada tumbuhan
dan guru mengawasi jalannya diskusi
Mengasosiasikan
·
Siswa menggali informasi,
melakukan analisis untuk menjelaskan dan menarik kesimpulan mengenai Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang
mereka diskusikan
·
Guru membimbing/menilai
kemampuan siswa dalam mengolah hasil diskusi dan merumuskan kesimpulan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
·
Siswa dan guru menanggapi hasil diskusi
Siswa bertanya materi yang tidak dimengerti
|
130 menit
|
|
Penutup
|
Fase-5 Evaluasi
|
·
Siswa mendengarkan
menjelaskan guru bahwa mereka akan melakukan permainan talking stick.
·
Siswa menerima
tongkat permainan yang diberikan kepada siswa.
·
Siswa mendengarkan
lagu yang diputar oleh guru sambil menjalankan tongkat.
·
Guru mengetok meja
sebagai tanda berhenti
·
Guru menanggapi jawaban siswa
|
5 menit
|
Fase-6 Memberikan penghargaan
|
·
Guru memberikan
hadiah kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar
·
Guru
mengarahkan siswa membuat kesimpulan dari materi Struktur dan Fungsi Jaringan tumbuhan
·
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk membuat gambar tentang perbedaan jaringan
tumbuhan dikotil dan monokotil pada batang dan akar.
Guru mengakhiri
pertemuan dengan mengucapkan salam
|
10 menit
|
G. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat :
Spidol, white board, proyektor
Bahan Ajar :
Buku ajar, ppt, dan LKS
Sumber belajar: Irnaningtyas.2013. Biologi
untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta
: Penerbit Erlangga
H.
Penilaian
1.
Penilaian
Kinerja siswa pada saat diskusi dan presentasi kelompok
INSTRUMEN PENILAIAN
DISKUSI
Hasil Penilaian Diskusi
Topik :
.........................................................
Tanggal :
........................................................
Jumlah siswa : ........................orang
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan argumentasi
|
Jumlah score
|
Nilai
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik :
·
Menyampaikan pendapat
1.
Tidak sesuai masalah
2.
Sesuai dengan masalah, tapi
belum benar
3.
Sesuai dengan masalah dan benar
4.
Dengan masalah dan benar serta
didukung dengan referensi
·
Menanggapi pendapat
1.
Langsung setuju atau menyanggah
tanpa alasan
2.
Setuju atau menyanggah dengan
alasan yang benar tidak sempurna
3.
Setuju atau menyanggah dengan
alasan benar
4.
Setuju atau menyanggah dengan
alasan yang benar dengan didukung referensi
·
Mempertahankan pendapat
1.
Tidak dapat mempertahankan
pendapat
2.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan kurang benar
3.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan benar tidak didukung referensi
4.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan benar didukung referensi
2.
Penilaian kognitif siswa pada saat talking
stick
Kisi-kisi pertanyaan
KI
|
KD
|
TUJUAN
|
NO Soal
|
Jenjang
|
KI 3 Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
Menerapkan konsep tentang
keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi
organ pada tumbuhan
|
Siswa dapat membedakan ciri-ciri dan
fungsi jaringan meristematis pada tumbuhan melalui diskusi
|
1
|
C2
(Pemahaman)
|
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri
dan fungsi berbagai jenis jaringan permanen(jaringan dewasa) pada tumbuhan
melalui diskusi
|
2,3 dan 4
|
C2
(Pemahaman)
|
||
Siswa dapat menentukan jenis-jenis
jarinagan penyusun organ vegetatif (akar, batang,daun) dan organ generatif (
Bunga, buah dan biji) melalui diskusi kelompok
|
5
|
C2
(Pemahaman)
|
||
Siswa dapat menjelaskan tentang
tekhnik kultur jaringan melalui diskusi
|
6
|
C2
(Pemahaman)
|
Pertanyaan
1.
Jaringan
tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah yaitu jaringan?
2.
Jaringan tumbuhan yang terletak dibagian terluar sel dan
berfungsi melindungi bagian dalam tumbuhan dari segala pengaruh luar adalah?
3. Celah atau lubang pada tumbuhan yang berfungsi
sebagai jalan masuk dan keluarnya CO2 dan O2 pada proses respirasi dan
fotosintesis adalah?
4. Jaringan
pengangkut pada tumbuhan yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun
ke seluruh tubuh disebut?
5. Bunga merupakan
alat reproduksi seksual pada tumbuhan. Alat reproduksi jantan yang terdapat
didalam bunga adalah?
6. Kemampuan setiap
sel tumbuhan untuk tumbuh menjadi individu baru disebut sifat?
Rubrik penskoran
NO
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Jaringan
tumbuhan yang aktif membelah disebut jaringan?
|
Jaringan Meristem
|
2
|
2
|
Jaringan tumbuhan yang terletak dibagian terluar sel
dan berfungsi melindungi bagian dalam tumbuhan dari segala pengaruh luar
adalah?
|
Jaringan epidermis
|
2
|
3
|
Celah
atau lubang pada tumbuhan yang berfungsi sebagai jalan masuk dan keluarnya CO2
dan O2 pada proses respirasi dan fotosintesis adalah?
|
Stomata
|
2
|
4
|
Jaringan pengangkut pada tumbuhan yang berfungsi
mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh disebut?
|
Floem
|
2
|
5
|
Bunga
merupakan alat reproduksi seksual pada tumbuhan. Alat reproduksi jantan yang
terdapat didalam bunga adalah?
|
Benang
sari
|
2
|
6
|
Kemampuan setiap sel tumbuhan untuk tumbuh
menjadi individu baru disebut sifat?
|
Sifat totipotensi
|
2
|
1 komentar:
bagus
tapi cara download gimana
trims
Posting Komentar