Tugas Strategi Belajar Mengajar
Biologi
1. Pengertian strategi mengajar
Menurut
Sanjaya, Dalam dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai perencanaan yang
berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu.
Kemp (1995) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah
suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan
pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Dick and
Carey (1985) juga menyebutkan bahwa strategi pembelajaran itu adalah suatu set
materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk
menimbulkan hasil belajar pada siswa (Sanjaya, 2007 : 126).
Gropper
di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1990)
Strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Mereka menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktekkan (Hipni,2011).
Strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Mereka menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktekkan (Hipni,2011).
Kesimpulan :
Strategi Pembelajaran Adalalah Kumpulan berbagai cara dalam proses kegiatan pembelajaran
yang dilakukan oleh guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai
secara efektif dan efisien.
Contohnya:
1.
Strategi
Penyampaian (exposition)
Strategi pembelajaran ekspositori
adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi
secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok peserta didik dengan maksud
agar peserta didik dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.
2.
Strategi
Kelompok
Belajar kelompok dilakukan secara
beregu. Bentuk belajar kelompok ini bisa dalam pembelajaran kelompok besar atau
klasikal; atau bisa juga dalam kelompok-kelompok kecil.
3.
Strategi
Pembelajaran Individual (groups-individual
learning)
Strategi pembelajaran individual
dilakukan peserta didik secara mandiri. Kecepatan, kelambatan, dan keberhasilan
siswa sangat ditentukan oleh kemampuan individu peserta didik yang
bersangkutan. (Munir,2012).
2. Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Menurut Suharno, Sukardi, Chodijah dan
Suwalni (1998: 25) bahwa, “pendekatan pembelajaran diartikan model pembelajaran”. Menuzut H.J. Gino dkk. (1998:32) bahwa, “pembelajaran atau intruction merupakan usaha sadar dan disengaja
oleh guru untuk membuat siswa belajar dengan tujuan mengaktifkan faktor intern
dan faktor ekstern dalam kegiatan belajar mengajar”.
Sukintaka (2004: 55) bahwa,
“pembelajaran mengandung pengertian, bagaimana para guru mengajarkan sesuatu
kepada peserta didik, tetapi di samping itu juga terjadi peristiwa bagaimana
peserta didik mempelajarinya”.
Wahjoedi
(1999:121) bahwa, “pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan
belajar dan perilaku siswa agar ia dapat aktif melakukan tugas belajar sehingga
dapat memperoleh hasil belajar secara optimal”.
Menurut
Syaifuddin Sagala (2005: 68) bahwa, “Pendekatan pembelajaran merupakan jalan
yang akan ditcmpuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan instruksional
untuk suatu satuan instruksional tertentu.
Kesimpulan : Pendekatan Pembelajaran adalah
Usaha sadar dan terarah yang dilakukan guru untuk mengelola kegiatan
pembelajaran sehingga siswa aktif saat pembelajaran berlangsung
Contohnya
1. Pendekatan Konsep
2. Pendekatan Proses
3. Pendekatan Induktif
4. Pendekatan Heuristik
5. Pendekatan Pembelaiaran Berbasis Kompetensi
6. Pendekatan Pembelajaran Manajemen Kelas
7. Pendekatan Pembelajaran Kooperatif (Cooperative
Learning)
8. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masyarakat
9. Pendekatan konstruktivis
10. Pendekatan Pembelajaran Jarak Jauh
11. Pendekatan Konsep Belajar Tuntas
(Syah,2007:57 dalam endang,2013 ).
3. Pengertian Model Pembelajaran
Joyce & Weil(1980). Model pembelajaran sebagai
kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan
pembelajaran.
Soekamto,Dkk. (dalam Nurulwati.2000) ,Model
pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang
sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan
belajar tertentu, dan berfungsi senagai pedoman bagi para perancang
pembelajaran dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan
para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.
Mills, Model adalah bentuk
representasi akurat sebagai proses aktual yang memungkinkan seaeorang atau
sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu.
Kesimpulan : Model Pembelajaran adalah suatu pedoman yang merupakan prosedur
berlangsungnya pembelajaran sehingga menciptakan pengalaman belajar tertentu
kepada siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut
Contohnya:
1. Model Pembelajaran Kontekstual
merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk
menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa.
2. Model pembelajaran kooperatif
merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada
penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi
belajar untuk mencapai tujuan belajar.
3. Model pembelajaran kuantum
merupakan rakitan dari berbagai teori atau
pandangan psikologi kognitif dan pemprograman neurologi yang jauh sebelumnya sudah ada.
4.
odel pembelajaran
terpadu
merupakan pembelajaran yang
memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok aktif mencari,
menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik. Pembelajaran ini
merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan.
5.
Model pembelajaran berbasis masalah (Problem
Based Learning – PBL)
merupakan pembelajaran yang mengambil
psikologi kognitif sebagai dukungan teoritisnya( Wahyono.2012)
Daftar
Pustaka
Sanjaya,
W. 2007. Strategi Pembelajaran,
Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Penerbit Kencana Prenada
Media Group.
Hipni,
Khanesiro.2011.Konsep Strategi
Pembelajaran. http://khanesiro.blogspot.com/2011/05/konsep-strategi-pembelajaran-menurut.html
(diakses 24 februari
2013).
Munir,
Miftahkul.2012.Jenis-Jenis Strategi
Pembelajaran. http://banjirembun.blogspot.com/2012/12/jenis-jenis-strategi-pembelajaran.html.(diakses 24 februari 2013).
Syah,Darwyn
dkk.2007. Perencanaan
System Pengajaran Pendidikan Agama Islam.Jakarta:
Gaung persada pres.
Endang.2013.Pendekatan Pembelajaran. http://endangdealova.blogspot.com/2013/02/pendekatan-pembelajaran-akidah.html.(diakses 24 februari 2013).
0 komentar:
Posting Komentar