Senin, 14 Desember 2015

Pengertian Stategi mengajar, Pendekatan dan Model dari beberapa ahli



Tugas Strategi Belajar Mengajar Biologi



1.    Pengertian strategi mengajar
Menurut Sanjaya, Dalam dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
 Kemp (1995) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Dick and Carey (1985) juga menyebutkan bahwa strategi pembelajaran itu adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa (Sanjaya, 2007 : 126).
Gropper di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1990)
Strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Mereka menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktekkan (Hipni,2011).
Kesimpulan : Strategi Pembelajaran Adalalah Kumpulan berbagai cara dalam proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Contohnya:
1.      Strategi Penyampaian (exposition)
Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok peserta didik dengan maksud agar peserta didik dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.
2.      Strategi Kelompok
Belajar kelompok dilakukan secara beregu. Bentuk belajar kelompok ini bisa dalam pembelajaran kelompok besar atau klasikal; atau bisa juga dalam kelompok-kelompok kecil.
3.      Strategi Pembelajaran Individual (groups-individual learning)
Strategi pembelajaran individual dilakukan peserta didik secara mandiri. Kecepatan, kelambatan, dan keberhasilan siswa sangat ditentukan oleh kemampuan individu peserta didik yang bersangkutan. (Munir,2012).
2.    Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Menurut Suharno, Sukardi, Chodijah dan Suwalni (1998: 25) bahwa, “pendekatan pembelajaran diartikan  model  pembelajaran”.  Menuzut H.J. Gino dkk. (1998:32) bahwa, “pembelajaran  atau  intruction  merupakan usaha sadar dan disengaja oleh guru untuk membuat siswa belajar dengan tujuan mengaktifkan faktor intern dan faktor ekstern dalam kegiatan belajar mengajar”.
Sukintaka (2004: 55) bahwa, “pembelajaran mengandung pengertian, bagaimana para guru mengajarkan sesuatu kepada peserta didik, tetapi di samping itu juga terjadi peristiwa bagaimana peserta didik mempelajarinya”.
Wahjoedi (1999:121) bahwa, “pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan perilaku siswa agar ia dapat aktif melakukan tugas belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar secara optimal”.
Menurut Syaifuddin Sagala (2005: 68) bahwa, “Pendekatan pembelajaran merupakan jalan yang akan ditcmpuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan instruksional untuk suatu satuan instruksional tertentu.
Kesimpulan : Pendekatan Pembelajaran adalah Usaha sadar dan terarah yang dilakukan guru untuk mengelola kegiatan pembelajaran sehingga siswa aktif saat pembelajaran berlangsung
            Contohnya
1.    Pendekatan Konsep
2.    Pendekatan Proses
3.    Pendekatan Induktif
4.    Pendekatan Heuristik
5.    Pendekatan Pembelaiaran Berbasis Kompetensi
6.    Pendekatan Pembelajaran Manajemen Kelas
7.    Pendekatan Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
8.    Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masyarakat
9.    Pendekatan konstruktivis
10.  Pendekatan Pembelajaran Jarak Jauh
11.  Pendekatan Konsep Belajar Tuntas
(Syah,2007:57 dalam endang,2013 ).

3.    Pengertian Model Pembelajaran
Joyce & Weil(1980). Model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pembelajaran.
Soekamto,Dkk. (dalam Nurulwati.2000) ,Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi senagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.
Mills, Model adalah bentuk representasi akurat sebagai proses aktual yang memungkinkan seaeorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu.
Kesimpulan : Model Pembelajaran adalah suatu pedoman yang merupakan prosedur berlangsungnya pembelajaran sehingga menciptakan pengalaman belajar tertentu kepada siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut
           
Contohnya:
1.     Model Pembelajaran Kontekstual
merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa.
2.    Model pembelajaran kooperatif
merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.
3.    Model pembelajaran kuantum
merupakan  rakitan dari berbagai teori atau pandangan psikologi kognitif dan pemprograman neurologi yang jauh sebelumnya sudah ada.
4.    odel pembelajaran terpadu
merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik. Pembelajaran ini merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan.
5.    Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning – PBL)
 merupakan pembelajaran yang mengambil psikologi kognitif sebagai dukungan teoritisnya( Wahyono.2012)



Daftar Pustaka
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Hipni, Khanesiro.2011.Konsep Strategi Pembelajaran.  http://khanesiro.blogspot.com/2011/05/konsep-strategi-pembelajaran-menurut.html (diakses 24 februari 2013).
Munir, Miftahkul.2012.Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran. http://banjirembun.blogspot.com/2012/12/jenis-jenis-strategi-pembelajaran.html.(diakses 24 februari 2013).
Syah,Darwyn dkk.2007. Perencanaan System Pengajaran Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Gaung persada pres.

Alsahra,Nisa.2012.Definisi Metode,Model Pembelajaran. http://neza-khoirotunnisa.blogspot.com/2012/09/definisi-metodemodelpembelajaran.html. (diakses 24 februari 2013).

Wahyono,Budi .2012. Definisi dan Jenis Motode Pembelajaran.http://pend-ekonomi.blogspot.com/2012/07/definisi-dan-jenis-model-pembelajaran.html.(diakses 24 februari 2013).

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates